Breaking News:

Kendari Kita

Dinas Pariwisata Kendari Latih Pelaku Wisata, Wakil Wali Kota Minta Pertahankan Budaya Lokal

Pelatihan yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus dana pelayanan kepariwisataan tahun anggaran 2021 ini akan berlangsung hingga 15 September 2021.

Penulis: Amelda Devi Indriyani | Editor: Muhammad Israjab
(Amelda Devi Indriyani/TribunnewsSultra.com)
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata atau Disbudpar Kota Kendari berikan pelatihan pengelolaan desa wisata kepada masyarakat Kota Kendari. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata atau Disbudpar Kota Kendari berikan pelatihan pengelolaan desa wisata kepada masyarakat Kota Kendari

Sekiranya 10 kelurahan perwakilan seluruh kelurahan yang ada di Kota Kendari, dan setiap kelurahan terdiri dari 5-6 orang mengikuti pelatihan yang berlangsung di Hotel Kubra, Senin (13/9/2021). 

Peserta juga terdiri dari beberapa unsur, diantaranya Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), Komunitas dan pemula. 

Pelatihan yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus dana pelayanan kepariwisataan tahun anggaran 2021 ini akan berlangsung hingga 15 September 2021.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Kendari Abdul Rifai mengatakan kegiatan ini sebagai salah satu peran Disbudpar untuk pengembangan pariwisata.

Baca juga: Sulawesi Tenggara Punya Ribuan Potensi Destinasi, Dispar Sultra Kembangkan Wisata Budaya

Bekerja sama dengan para pelakunya usaha dan menghadirkan pendamping yang merupakan tenaga profesional yang selama ini aktif membina dan mendampingi desa-desa di Sulawesi Tenggara. 

Serta pemateri yang terdiri diantaranya pihak OPD dan praktisi Pariwisata. 

Satu dari 6 pemateri didatangkan dari Bogor yang sekaligus merupakan pendamping desa wisata wilayah Indonesia Timur. 

Foto bersama Wakil Wali Kota kendari, Siska Karina Imran (tengah) saat membuka acara pelatihan pengelolaan desa wisata
Foto bersama Wakil Wali Kota kendari, Siska Karina Imran (tengah) saat membuka acara pelatihan pengelolaan desa wisata ((Amelda Devi Indriyani/TribunnewsSultra.com))

"Tentunya ini memerlukan peran serta masyarakat sendiri untuk berpartisipasi bagaimana menciptakan kolaborasi dengan pemerintah sebagai pengawas," ujarnya. 

Wakil Wali Kota Kendari Siska Karina Imran mengatakan salah satu penyebab faktor utama pendukung perekonomian daerah adalah Pariwisata. 

Baca juga: Yayasan Salemba Karya Empat dan PLN Gelar Lomba Video Instagram, Simak Syarat dan Kategorinya

"Apalagi kita di Kota Kendari sebagai Ibu Kota Provinsi, memang yang menjadi tampilan utama kita adalah Pariwisata," ujarnya. 

Ia berharap agar peserta dengan sungguh-sungguh mengikuti pelatihan ini untuk mengambil ilmu yang disampaikan oleh pemateri. 

Sehingga ilmu tersebut bisa diterapkan pasca pelatihan untuk meningkatkan skil dan usaha mereka. 

"Terutama Diharapkan semua pihak untuk terus mempertahankan nilai-nilai kebudayaan. Berupa budaya lokal dan nilai-nilai kearifan lokal yang ada di masyarakat yang cenderung mengalami kepunahan," tutupnya. (*)

(TribunnewsSultra.com/Amelda Devi Indriyani) 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved