Breaking News:

Berita Kendari

Pasar Swadaya Mokoau Bisa Dibangun, Ketua DPRD Kendari Sebut Pengelola Segera Urus Perizinan

Pasar Swadaya Mokoau, Kelurahan Kambu, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) yang tak memiliki izin pembangunan, kini mendapat titik terang. 

Penulis: Amelda Devi Indriyani | Editor: Sitti Nurmalasari
TribunnewsSultra.com/ Amelda Devi Indriyani
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Kendari, Subhan ST 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Pasar Swadaya Mokoau, Kelurahan Kambu, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) yang tak memiliki izin pembangunan, kini mendapat titik terang. 

Pasalnya, Pemerintah Kota Kendari telah melakukan peninjauan langsung di lokasi dan menyatakan daerah tersebut dimungkinkan untuk dibangun pasar. 

Hal ini disampaikan oleh Ketua DPRD Kota Kendari Subhan ST ditemui di ruangan kerjanya, di Gedung Sekretariat DPRD Kota Kendari, Jumat (10/9/2021). 

Subhan ST mengatakan pembangunan pasar yang menjadi polemik ini telah dibahas pada rapat koordinasi dengan para stakeholder beberapa waktu lalu. 

Diketahui, pasar yang dibangun berdasarkan hasil swadaya masyarakat sekitar Kelurahan Mokoau, Kecamatan Kambu itu belum mendapatkan izin. 

Baca juga: Pemerintah Kota Kendari Sebut Pasar Swadaya Mokoau Belum Memiliki Izin, Ini Alasan Pihak Pengelola

"Setelah dilihat RTRW-nya ternyata di situ dimungkinkan untuk pembangunan sebuah pasar. Maka saya rasa kenapa tidak kita memberikan ruang," kata Subhan ST.

Menurutnya, pembangunan pasar dapat dilakukan di Kelurahan Mokoau, Kecamatan Kambu, jika pengelola melakukan prosedur perizinan yang sesuai.

Untuk itu, ia meminta pihak pengelola pembangunan pasar bisa segera mengajukan izin sesuai dengan prosedur, dan mendapatkan izin dari pemerintah. 

Lantaran, menurut Subhan ST, agar masyarakat yang berkontribusi dalam pembangunan pasar bisa mendapatkan kepastian.

"Iuran Rp20 ribu atau berapapun itu, pasti akan ada masyarakat yang kesusahan. Makanya pemerintah harus mengambil sikap dan hadir dalam kondisi seperti itu, apalagi ini pandemi Covid-19," ujar Subhan ST. 

Baca juga: Masyarakat Mokoau Bangun Pasar Swadaya, Harap Dapat Dukungan Pemerintah Kota Kendari

"Artinya ada kepastian, agar usaha yang mereka investasikan di situ bisa mendapatkan jaminan dan berkelanjutan dari usaha tersebut," tambahnya. 

Subhan ST mengatakan, apabila pemerintah membangun pasar di area tersebut, maka hal ini menunjukkan kebutuhan dan pengembangan kota ke depannya.

Selain itu, dengan adanya perizinan, maka Pemerintah Kota Kendari memiliki kewenangan untuk mengambil retribusi. (*)

(TribunnewsSultra.com/Amelda Devi Indriyani) 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved