Breaking News:

Berita Kendari

Pembatalan Keberangkatan Haji di Kota Kendari Meningkat Selama Pandemi, Daftar Tunggu Maju

Zainal Mustamin mengatakan calon jemaah yang membatalkan keberangkatan ibadah haji meningkat selama pandemi Covid-19.

Penulis: Amelda Devi Indriyani | Editor: Sitti Nurmalasari
TribunnewsSultra.com/ Amelda Devi Indriyani
Pelayanan di Kantor Kementerian Agama Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, Jumat (10/9/2021). 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Kendari Zainal Mustamin mengatakan calon jemaah yang membatalkan keberangkatan ibadah haji meningkat selama pandemi Covid-19.

Kata dia, berdasarkan hasil evaluasi Kementerian Agama Kota Kendari, dua tahun terakhir selama pandemi Covid-19 terdapat 87 calon jemaah yang membatalkan keberangkatan hajinya.

Calon jemaah yang membatalkan keberangkatan haji ini terjadi pada calon jemaah yang siap diberangkatkan dan dalam daftar tunggu.

Zainal Mustamin menjelaskan sejak Maret-Desember 2020, sekiranya tercatat 43 orang yang sudah membatalkan keberangkatan haji

Sementara hingga Agustus 2021 ini, jumlah calon jemaah yang membatalkan keberangkatan hajinya meningkat hingga 44 orang.

Jelasnya para calon jemaah di Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara ini melakukan permintaan penarikan setoran awal pembayaran pemberangkatan hajinya.

"Untuk dua tahun terakhir ini cenderung meningkat dibandingkan sebelum pandemi Covid-19," kata Zainal, kepada TribunnewsSultra.com, Jumat (10/9/2021).

Menurutnya, setiap tahun Kementerian Agama Kota Kendari bisa memberangkatkan sampai dengan 500 jemaah calon haji dalam keadaan normal.

Sehingga dengan meningkatnya tren calon jemaah melakukan penarikan setoran awal ini berdampak pada perubahan daftar tunggu calon jemaah haji Kota Kendari.

"Sekiranya ada 100 orang akan maju masa tunggunya, karena tren penarikan setoran awal ini," ujarnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved