Breaking News:

Berita Sulawesi Tenggara

Kepala Dispar Sultra Sebut 3 Kriteria Ini untuk Pengembangan Pariwisata di Sulawesi Tenggara

Kepala Dinas Pariwisata Sulawesi Tenggara (Dispar Sultra) La Ode Saifuddin mengatakan terdapat tiga kriteria untuk pengembangan pariwisata.

Penulis: Muh Ridwan Kadir | Editor: Sitti Nurmalasari
Tangkapan Layar
Kepala Dinas Pariwisata Sulawesi Tenggara, La Ode Saifuddin dalam Tribun Corner Wajah Pariwisata Sultra, Jumat (10/9/2021). 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Kepala Dinas Pariwisata Sulawesi Tenggara (Dispar Sultra) La Ode Saifuddin mengatakan terdapat tiga kriteria untuk pengembangan pariwisata.

Kata dia, kriteria pertama yaitu atraksi atau daya tarik guna menarik wisatawan untuk berkunjung tempat wisata tersebut.

Kedua, aksesibilitas atau kemudahan bagi wisatawan mengakses dan menjangkau destinasi wisata yang dikunjungi. 

Kemudian ketiga amenitas atau ketersediaan infrastruktur di tempat wisata tersebut, seperti jaringan internet yang sangat penting dan dibutuhkan bagi wisatawan.

"Selain ketiga kriteria tersebut, hal yang perlu diperhatikan yaitu kolaborasi dengan Organisasi Perangkat Daerah atau OPD yang ada," ucap La Ode Saifuddin dalam acara Tribun Corner Wajah Pariwisata Sultra, Jumat (10/9/2021).

Baca juga: Pariwisata di Kota Kendari Alami Penurunan Pengunjung hingga 70 Persen Selama PPKM

Lanjut Kepala Dispar Sultra ini, langkah selanjutnya yaitu pentingnya berkolaborasi dengan pentahelix atau multipihak seperti media, akademisi, dan masyarakat guna mengembangkan pariwisata.

"Kolaborasi itu sangat penting karena tanpa adanya hal tersebut maka wisata di Sultra tak akan bisa berkembang," ujarnya.

Menurut La Ode Saifuddin, pariwisata yang terdapat di suatu daerah dapat meningkatkan pendapatan bagi masyarakat yang berada di sekitar wisata tersebut.

Sementara itu dalam acara Tribun Corner tersebut juga Saifuddin menceritakan perjalananya sehingga bisa menjadi Kepala Dispar Sultra.

"Dulunya saya bertugas di Kabupaten Muna, pada saat itu saya sebagai Sekretaris di Dinas Pekerjaan Umum di sana, dan juga menjadi Sekretaris BPKAD," imbuhnya.

Baca juga: Bertemu Menparekraf Sandiaga Uno, Pemprov Paparkan Pengembangan Potensi Pariwisata di Sultra

Mantan Sekretaris PU Muna itu menyebut sebelum menjadi Kadispar Sultra ia mengikuti lelang jabatan terbuka pada jabatan tersebut.

Hal itu merupakan peluang bagi semua Aparatur Sipil Negara (ASN) agar dapat mengambil kesempatan tersebut dengan memenuhi kriteria yang telah ditetapkan.

"Alhamdulillah saat itu saya terpilih sebagai Kepala Dispar Sultra dengan melalui tahapan lelang jabatan terbuka," ujarnya. (*)

(TribunnewsSultra.com/Muh Ridwan Kadir)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved