Breaking News:

Berita Sulawesi Tenggara

Harta Kekayaan Gubernur Sultra Meningkat Selama Pandemi, Puspaham Sebut Sangat Tidak Wajar

Direktur Puspaham Sulawesi Tenggara (Sultra), Kisran Makati, menanggapi bertambahnya harta kekayaan Ali Mazi ini sebagai hal yang sangat tidak wajar.

Penulis: Laode Ari | Editor: Sitti Nurmalasari
TribunnewsSultra.com/ La Ode Ari
Direktur Pusat Kajian dan Advokasi Hak Asasi Manusia Sultra, Kisran Makati 

TRIBUNNEWS SULTRA. COM, KENDARI - Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK merilis data Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN).

Berdasarkan laporan KPK tersebut, harta kekayaan Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi yang dilaporkan bertambah sebesar Rp3,9 miliar pada 2018-2020.

Direktur Pusat Kajian dan Advokasi Hak Asasi Manusia atau Puspaham Sultra, Kisran Makati, menanggapi bertambahnya harta kekayaan Ali Mazi ini sebagai hal yang sangat tidak wajar.

Pasalnya, kenaikan harta kekayaan Gubernur Sultra Ali Mazi itu terjadi pada masa pandemi Covid-19.

"Jadi kalau kita melihat harta kekayaan Gubernur Sultra yang bertambah di masa pandemi ini memang menarik untuk dipertanyakan," ujarnya ditemui di Kendari, Jumat (10/9/2021).

"Karena mestinya harta kekayaan pejabat publik itu berkurang atau menurun," tambahnya.

Baca juga: KPK: Harta Kekayaan Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi Bertambah Rp2 Miliar Selama Pandemi

Menurutnya, melihat harta kekayaan Ali Mazi yang dilaporkan pada tahun 2018 sampai 2020 mencapai sekira Rp3,9 miliar, diperkirakan harta tersebut diperoleh dari penghasilan per bulan sekira Rp160 juta.

Seharusnya, jika berdasarkan aturan, penghasilan atau gaji termasuk tunjangan pejabat publik seperti gubernur sebesar Rp60 juta per bulan.

Sementara dari laporan tersebut, kata Kisran, pada penghasilan Gubernur Sultra Ali Mazi terjadi penambahan sebesar Rp100 juta.

"Jika Gubernur Sultra punya penghasilan selain gaji sebagai pejabat, seperti menjabat di sebuah perusahaan daerah atau penghasilan lain yang bentuknya pasif itu hal yang wajar," kata dia.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved