Breaking News:

Gempa Terkini

Penyebab Gempa Kendari 3,6 Skala Richter di Sulawesi Tenggara, Terkini BMKG: Darat Tenggara Puuwatu

Penyebab gempa Kendari 3,6 skala richter (SR) di Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), BMKG sebut terjadi di darat tenggara Puuwatu.

Editor: Aqsa
handover
Penyebab gempa Kendari 3,6 skala richter (SR) di Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), BMKG sebut terjadi di darat tenggara Puuwatu. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Penyebab gempa Kendari 3,6 skala richter (SR) di Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), BMKG sebut terjadi di darat tenggara Puuwatu.

Gempa bumi tektonik mengguncang ibu kota Provinsi Sultra tersebut pada Rabu (1/9/2021) pukul 15.50.35 wita.

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), menunjukkan informasi gempa terkini tersebut berkekuatan 3,6 SR.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 3.97 lintang selatan (LS) dan 122.47 bujur timur (BT).

Tepatnya berlokasi di darat pada jarak 0,5 kilometer (km), tenggara Puuwatu, Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara, pada kedalaman 5 kilometer (km).

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter tersebut, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal.

Gempa bumi dangkal tersebut akibat aktivitas Sesar Kendari Segmen North di tenggara Puuwatu, Kota Kendari, Provinsi Sultra.

Keterangan tertulis Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rudin, menyebutkan, guncangan gempa bumi ini dengan intensitas III-IV MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah).

Baca juga: BMKG Gempa Terkini Kendari Sulawesi Tenggara 3,6 Skala Richter di Tenggara Puuwatu

Gempa bumi tersebut dilaporkan dirasakan di Kendari dan Puuwatu.

Getaran terasa seakan akan ada truk berlalu dan jendela kaca bergetar.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved