Breaking News:

Berita Kendari

Harga Laptop dan Notebook di Kota Kendari Alami Lonjakan Signifikan, Hal Ini Jadi Penyebabnya

Harga laptop dan notebook di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara mengalami lonjakan signifikan, hal ini jadi penyebabnya. 

Penulis: Husni Husein | Editor: Sitti Nurmalasari
TribunnewsSultra.com/ Husni Husein
Sejumlah laptop yang dipamerkan di Kreasi Komputer, Jalan Jend Ahmad Yani No 80 & 190, Kelurahan Kadia, Kecamatan Kadia, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra). 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Simak berikut harga laptop dan notebook di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara mengalami lonjakan signifikan, hal ini jadi penyebabnya. 

Petugas Kreasi Komputer, Salma mengatakan harga laptop dan notebook mengalami lonjakan signifikan karena adanya pembaharuan spesifikasi.

Kata dia, salah satu pembaharuan spesifikasi tersebut yakni perangkat penyimpanan yang disematkan pada laptop dan notebook tersebut.

"Sekarang itu rerata laptop sudah menggunakan Solid-State Drive atau SSD," kata Salma saat ditemui di Kreasi Komputer, Jalan Jend Ahmad Yani No 80 & 190, Kadia, Kendari, Sultra, Selasa (31/8/2021).

Diketahui SSD merupakan perangkat penyimpanan menggunakan rakitan sirkuit terintegrasi untuk menyimpan data secara terus-menerus.

Baca juga: BRI Dipercaya BKN untuk Melayani Semua Kebutuhan Keuangan Pegawainya

Biasanya perangkat ini menggunakan memori flash, dan berfungsi sebagai penyimpanan sekunder dalam hierarki penyimpanan komputer.

"Untuk tipe lama itu menggunakan hardisk dan sekarang sudah jarang ditemukan laptop yang masih gunakan hardisk," jelasnya.

Salma mengatakan hampir seluruh tipe laptop dan notebook mengalami lonjakan signifikan dari harga yang dipamerkan sebelumnya.

Misalnya, laptop merek Acer dengan tipe serupa tetapi mengalami pembaharuan penyimpanan kini dibanderol seharga Rp5,3 juta, sebelumnya Rp4,7 juta.

"Rerata semua mengalami perubahan dengan selisih harga mencapai Rp2 jutaan," ucap Salma.

Baca juga: Tarif Swab PCR di Kendari, Prodia Patok Rp525 Ribu, Hasil Selesai 2 Hari, Buka 4 Kali Layanan Sehari

Kenaikan harga laptop dan notebook ini juga dibenarkan oleh seorang petugas komputer lainnya di Kota Kendari, yakni 37 Komputer, Tiara.

"Iya semua harganya berubah tapi tentu dengan spesifikasi berbeda yang telah ter-upgrade dari sebelumnya," kata Tiara saat ditemui di 37 Komputer, Jalan Ir H Alala, Watu-Watu, Kendari Barat, Kendari, Sultra.

Misalnya laptop janis Asus A416 yang mengalami perubahan tipe, kini dibanderol seharga Rp7,7 juta dari sebelumnya seharga Rp5,9 juta. (*)

(TribunnewsSultra.com/ Husni Husein)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved