Breaking News:

Berita Kendari

Wali Kota Kendari Bantah Mensyaratkan Vaksinasi untuk Belajar Tatap Muka di Sekolah

Pemerintah Kota Kendari berencana membuka sekolah untuk pembelajaran tatap muka mulai September 2021 mendatang secara bertahap.

Penulis: Amelda Devi Indriyani | Editor: Sitti Nurmalasari
Risno Mawandili/TribunnewsSulta.com
Ilustrasi Vaksinasi untuk Pembelajaran Tatap Muka di Sekolah 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Pemerintah Kota Kendari berencana membuka sekolah untuk pembelajaran tatap muka mulai September 2021 mendatang secara bertahap.

Namun, Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir membantah mensyaratkan vaksinasi untuk dapat melaksanakan belajar tatap muka di sekolah.

"Tidak pernah kami mensyaratkan itu (vaksinasi), itu menjadi pilihan bagi siswa," kata Sulkarnain Kadir, saat ditemui di Gedung DPRD Kota Kendari, Senin (30/8/2021).

Kata dia, Pemerintah Kota Kendari tak mensyaratkan vaksinasi untuk bisa mengikuti belajar tatap muka di sekolah, hanya mengimbau warga agar vaksinasi.

Menurutnya, sebelum belajar tatap muka di sekolah sebaiknya anak-anak atau para siswa divaksin untuk mengurangi risiko terpapar Covid-19.

"Karena terbukti dengan data melalui vaksin banyak masyarakat kita yang bisa terselamatkan dari akibat fatal terpapar Covid-19," ujarnya.

Baca juga: Pemerintah Kota Kendari Serahkan Dokumen Rancangan Perubahan APBD 2021 ke DPRD

Ketua DPRD Kota Kendari Subhan ST mengatakan mensyaratkan vaksinasi untuk pembelajaran tatap muka tidak bisa dilakukan.

"Jadi sebenarnya tidak bisa juga mensyaratkan seperti itu, karena ini hak setiap orang untuk melaksanakan vaksinasi," kata Subhan ST.

Di sisi lain, untuk mendukung program pemerintah mencegah dan menangani penyebaran Covid-19, maka pemerintah mengimbau masyarakat untuk vaksinasi.

Pasalnya, melihat kemungkinan pelaksanaan sekolah tatap muka ini dapat menimbulkan klaster baru penyebaran Covid-19.

"Meski vaksinasi ini penting, tapi tetap harus melalui persetujuan orang tua siswa tersebut," ujarnya.

Baca juga: Polda Sultra Target Vaksinasi 3.400 Pelajar per Hari di Kota Kendari, Percepat Belajar Tatap Muka

Kata dia, Pemerintah Kota Kendari dan DPRD Kota Kendari selalu membahas persoalan agar orang tua siswa dapat mendukung pelaksanaan sekolah tatap muka

Menurutnya, apabila orang tua belum siap mengizinkan anaknya sekolah tatap muka, maka pemerintah menyiapkan ruangan pembelajaran melalui video. (*)

(TribunnewsSultra.com/Amelda Devi Indriyani)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved