Breaking News:

Berita Konawe

TKA China Masak Buaya di Morosi Konawe Terancam Penjara, Praktisi Hukum: WNA Tak Bisa Kebal Aturan

Para TKA tersebut dinilai telah melanggar Undang-Undang Nomor 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya.

Penulis: Risno Mawandili | Editor: Fadli Aksar
Handover
Praktisi hukum Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Anselmus AR Masiku (kiri) dan Dahlan Moga. Tenaga Kerja Asing (TKA) asal China memakan sup buaya di kawasan industri smelter Kecamatan Morosi, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), terancam hukuman pidana penjara 5 tahun. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Tenaga Kerja Asing (TKA) asal China memakan sup buaya di kawasan industri smelter Kecamatan Morosi, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), terancam hukuman pidana penjara 5 tahun.

Para TKA tersebut dinilai telah melanggar Undang-Undang Nomor 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya.

Pasalnya, TKA asal China makan buaya di Morosi, Konawe, Sultra, telah mengonsumsi fauna yang dilindungi di Indonesia.

Kepala Seksi Konservasi Wilayah II BKSDA Sultra, La Ode Kaida, mengatakan, buaya merupakan salah satu fauna yang dilindungi di Indonesia.

Jika buaya terbunuh akibat unsur kesengajaan maka TKA asal China di Morosi Konawe bakal masuk penjara.

Selain itu, undang-undang juga mengatur adanya denda Rp100 juta.

"Apakah mengetahui dan ada unsur kesengajaan atau tidak nanti dilihat dari hasil pemeriksaan," ujarnya ditemui di ruang kerjanya, Kamis (26/8/2021).

Ia mengaku, belum satupun yang terlibat dalam pembantaian buaya di Konawe diperiksa.

"Belum ada yang diperiksa, rencana hari ini akan dipanggil, pihak yang menguasai daging atau yang menguliti buaya," ujarnya ditemui di ruang kerjanya, Kamis (26/8/2021).

Tengasnya, proses hukum pelanggaran Undang Undang Nomor 5 tahun 1990 merupakan otoritas Balai Gakum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Baca juga: Kronologi Buaya Dijadikan Sup oleh TKA China di Morosi Konawe, Ditangkap di Selokan Lalu Dikuliti

Baca juga: BKSDA Sultra Amankan Panci Berisi Sup Buaya dari Pekerja Asing China di Morosi Konawe

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved