Breaking News:

Mengenal Vaksin Pfizer Buatan Amerika Serikat yang Disebut Ampuh Cegah Covid-19, Lokasi Vaksinasi

Mengenal vaksin Pfizer buatan perusahaan obat asal Amerika Serikat dan Jerman yang disebut ampuh cegah Covid-19.

Editor: Aqsa
handover
Mengenal vaksin Pfizer buatan perusahaan obat asal Amerika Serikat dan Jerman yang disebut ampuh cegah Covid-19. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Mengenal vaksin Pfizer buatan perusahaan obat asal Amerika Serikat dan Jerman yang disebut ampuh cegah Covid-19.

Vaksin Pfizer yang sudah mulai didistribusikan kepada masyarakat di Indonesia adalah Vaksin Covid-19 berbasis messenger RNA (mRNA).

Pada tahap awal, vaksin Pfizer dengan merek Comirnaty tersebut kini didistribusikan di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Tangerang Selatan, dan Bekasi.

Vaksin tersebut diperuntukan bagi masyarakat umum yang belum pernah menerima vaksinasi Covid-19 sebelumnya secara gratis.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan (Kemkes) drg Widyawati MKM menyebut prioritas lokasi vaksinasi di wilayah Jabodetabek karena sistem logistik yang kompleks dibandingkan jenis vaksin lainnya.

Baca juga: DPRD Sultra Setujui Penggunaan Vaksin Nusantara & Vaksin Merah Putih Karya Anak Bangsa

Vaksin Pfizer membutuhkan penanganan dan penyimpanan khusus dan harus segera digunakan.

Hal tersebut karena secara spesifikasi vaksin jenis ini harus disimpan khusus di dalam tempat dengan suhu yang sangat rendah antara minus 90 hingga minus 60 derajat celcius.

Dengan demikian, vaksin ini harus disiapkan oleh petugas kesehatan yang sudah dilatih menggunakan teknik tertentu dalam menangani rantai dingin.

“Termasuk cara mencairkan dan mengencerkan vaksin sebelum disuntikan,” kata drg Widyawati dikutip TribunnewsSultra.com dari situs resmi Kemkes.

Dia menjelaskan vaksin Pfizer tersebut telah memperoleh Emergency Use Authorization (EUA) dari BPOM pada 14 Juli 2021, sehingga bisa langsung disuntikkan kepada masyarakat.

Mengenal vaksin Pfizer buatan perusahaan obat asal Amerika Serikat dan Jerman yang disebut ampuh cegah Covid-19, berikut lokasi vaksinasi.
Mengenal vaksin Pfizer buatan perusahaan obat asal Amerika Serikat dan Jerman yang disebut ampuh cegah Covid-19, berikut lokasi vaksinasi. (TRIBUNNEWS/HERUDIN)

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved