Breaking News:

Berita Sulawesi Tenggara

DPRD Sultra Setuju Pemprov Beri Dana Hibah ke NPC untuk Persiapan Atlet di Peparnas Papua 2021

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sulawesi Tenggara ( DPRD Sultra) menyetujui pemberian dana hibah untuk atlet National Paralympic Commitee (NPC).

Penulis: Muh Ridwan Kadir | Editor: Fadli Aksar
(Muh Ridwan Kadir/TribunnewsSultra.com)
DEWAN - Sekretaris Komisi IV DPRD Sultra Fajar Ishak. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara ( DPRD Sultra) menyetujui pemberian dana hibah untuk atlet National Paralympic Commitee atau NPC Sultra. Diketahui, dana hibah tersebut berasal dari Pemerintah Provinsi atau Pemprov Sultra untuk atlet yang bakal berlaga di Pekan Paralimpiade Nasional atau Peparnas Papua 2021. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara ( DPRD Sultra) menyetujui pemberian dana hibah untuk atlet National Paralympic Commitee atau NPC Sultra.

Diketahui, dana hibah tersebut berasal dari Pemerintah Provinsi atau Pemprov Sultra untuk atlet yang bakal berlaga di Pekan Paralimpiade Nasional atau Peparnas Papua 2021.

Kesepakatan itu dinyatakan dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara NPC Sultra dan pengurus KONI Sultra di gedung DPRD Sultra Jl Tebaununggu, Kelurahan Mandonga, Kecamatan Mandonga, Kota Kendari, Selasa (24/9/2021).

Sekretaris Komisi IV DPRD Sultra Fajar Ishak menyebut, dana hibah tersebut bakal digunakan untuk keberangkatan dan kebutuhan atlet NPC Sultra di ajang Peparnas Papua 2021.

"Pemprov Sultra harus segera merealisasikan anggaran yang akan dipergunakan atlet NPC mengingat persiapan yang harus segera dilakukan atlet mulai dari Training Center (TC) sampai pemberangkatan,' katanya saat ditemui usai rapat.

"Mekanisme pemberian hibah sendiri melalui Nota Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) yang nantinya akan ditandatangani oleh Pemprov Sultra dan NPC dan tidak melekat kepada KONI ataupun Dispora," ujarnya.

Baca juga: Dispora Sultra Anggarkan Rp2,5 Miliar untuk Atlet yang Bakal Berlaga di Peparnas Papua 2021

Baca juga: DPRD Sultra Setujui Penggunaan Vaksin Nusantara & Vaksin Merah Putih Karya Anak Bangsa

Fajar menyebut, tugas dari Dispora Sultra hanya menjembatani, seperti halnya KONI juga memiliki dana hibah tersendiri.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Sultra, Trio Prasetio Prahasto mengatakan walaupun dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) belum berjalan, namun dananya akan segera dibutuhkan.

"Anggarannya dimasukkan sebelumnya Rp4,5 miliar, tetapi karena kondisi anggaran di provinsi kemarin jadi kita pangkas melihat item-item yang sangat dibutuhkan sehingga mencapai Rp2,5 miliar," ucap Trio.

Di tempat yang sama, Ketua NPC Sultra, Kafarudin terdapat beberapa cabang olahraga yang bakal diikuti dalam Papernas Papua 2021.

Cabor tersebut yaitu Bulutangkis, Renang, Angkat Besi, tenis meja dan atletik.

Namun saat ini kata Ketua NPC Sultra, belum dapat menastikan jumlah atlet masing-masing Cabor.

"Pastinya untuk jumlah keseluruhan adalah 25 Atlet yang akan diberangkatkan, untuk TC atlet sendiri dilaksanakan selama 2 bulan yaitu 1 bulan di daerah masing-masing dan bulan berikutnya terpusat di Kota Kendari," ujarnya.(*)

(TribunnewsSultra.com/Muh Ridwan Kadir)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved