Breaking News:

Berita Sulawesi Tenggara

Pemprov Sultra Masuk Zona Hijau untuk Kategori Realisasi dan Peningkatan APBD 2021 se-Indonesia

Realisasi APBD 2021 se-Indonesia, Sultra menempati urutan ke-7 dalam kategori pendapatan sementara belanja daerah masuk urutan ke-15.

Penulis: Muh Ridwan Kadir | Editor: Laode Ari
Muhammad Ridwan Kadir/Tribunnewssultra.com
Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Sultra, Basiran. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2021 di seluruh provinsi se-Indonesia, Sulawesi Tenggara (Sultra) masuk dalam zona hijau.

Zona hijau artinya, realisasi APBD Sultra 2021 telah alami peningkatan selama sebulan terakhir.

Realisasi APBD 2021 se-Indonesia, Sultra menempati urutan ke-7 dalam kategori pendapatan sementara belanja daerah masuk urutan ke-15.

Hal itu berdasarkan data ter update mingguan dari Kementerian Dalam Negeri dalam hal ini Dirjen Bina Keuangan Daerah, Jumat (20/8/2021).

Menurut Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Sultra Basiran, pencapaian atau peningkatan tersebut tak lepas dari arahan Gubernur Sultra Ali Mazi.

"Arahan Gubernur Sultra agar melakukan langkah progresif terkait percepatan penyerapan APBD sehingga tidak kalah dengan daerah lain," ucap Basiran saat ditemui di ruang kerjanya, Kantor BPKAD Sultra, Senin (23/8/2021).

Baca juga: Pemprov Sultra Pangkas Anggaran Pejalanan Dinas ASN, Digunakan Tangani Covid-19

Selain itu, Basiran menyebut, hal ini juga dapat terealisasi karena dukungan atau koordinasi dari berbagai pihak seperti OPD (Organisasi Perangkat Daerah), dan Inspektorat Sultra serta Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sultra.

Hal itu guna melakukan percepatan realisasi anggaran, sehingga ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian di masyarakat. 

"Ekonomi disuatu daerah dapat bergerak bilamana uang yang beredar dalam pelaksanaan APBD itu lancar, tersendatnya ekonomi disebabkan uang gak ada dan tak lancar," papar Basiran saat di temui di kantornya, Senin (23/8/2021). 

Kedepan kata Basiran, posisi ini akan dipertahankan bahkan akan ditingkatkan lagi dengan cara setiap OPD memonitoring pelaksanaan anggarannya. 

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved