Breaking News:

Berita Sulawesi Tenggara

Komisi III DPRD Sulawesi Tenggara Segera Cek Lokasi Sengketa Tambang PT AKP dan AKM di Konawe Utara

Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sulawesi Tenggara atau DPRD Sultra akan segera mengecek secara langsung lokasi sengketa tambang.

Penulis: Husni Husein | Editor: Fadli Aksar
Istimewa
DEWAN- Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Tenggara (Sultra), Suwandi Andi. Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sulawesi Tenggara atau DPRD Sultra akan segera mengecek secara langsung lokasi sengketa tambang. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sulawesi Tenggara atau DPRD Sultra akan segera mengecek secara langsung lokasi sengketa tambang.

Lokasi tambang tersebut berada di Kabupaten Konawe Utara (Konut), Provinsi Sultra, disengketakan PT Adhi Kartiko dengan PT AKM.

Sebelumnya, demonstran berunjuk rasa di depan Markas Kepolisian Daerah atau Polda Sultra, Jl Haluoleo, Kelurahan Mokoau, Kecamatan Kambu, Kota Kendari, Senin (23/8/2021).

Demonstrasi berlanjut di kantor DPRD Sultra, Jl Tebaununggu, Kelurahan Mandonga, Kecamatan Mandonga, Kota Kendari.

Sekira 30 menit massa menyampaikan tuntutannya, Ketua Komisi III, Suwandi Andi menemui para pendemo.

Baca juga: Mahasiswa Berunjuk Rasa di Polda Sultra Tuntut Bos PT AKP Dipenjarakan Karena Sengketa Tambang

Kepada pengunjuk rasa, Suwandi berjanji akan berkunjung ke lahan yang menjadi tuntutan massa aksi.

"Hari kamis mendatang kami akan lihat langsung dan mengeceknya," katanya.

Demonstrasi

Sebelumnya, masa aksi yang tergabung dalam Konsorsium Mahasiswa Pembela Sultra atau KMPS dan berunjuk rasa di Mapolda Sultra.

Puluhan Mahasiswa dan Pemuda melakukan demonstran di Polda Sultra untuk menunyut kelanjutan perkara kasus Ivy Djaya Susanto yang hingga kini belum dipenjarakan, Senin (23/8/2021).
Puluhan Mahasiswa dan Pemuda melakukan demonstran di Polda Sultra untuk menunyut kelanjutan perkara kasus Ivy Djaya Susanto yang hingga kini belum dipenjarakan, Senin (23/8/2021). (Husni Husein/Tribunnewssultra)

Dalam aksinya, puluhan pemuda tersebut, mempertanyakan perkara pemalsuan dokumen perusahaan tambang yang dilakukan Direktur PT AKP Ivy Djaya Susanto.

Baca juga: Ditangkap Karena Halangi Aktivitas Tambang, Dirut PT AKM: Pertanyakan Surat Penangkapan Polda Sultra

Ivy Djaya Susanto dinyatakan bersalah berdasarkan keputusan pengadilan, dan dikuatkan oleh Mahkamah Agung namun belum dieksekusi penjara.

"Kami juga menuntut Polda Sultra untuk bersikap netral dan menghentikan pengawalan di wilayah PT AKM yang diklaim PT AKP," katanya.

Mereka meminta Ketua DPRD Sultra untuk memanggil pihak PT AKP agar tidak melakukan aktivitas pertambangan di lahan PT AKM sesuai putusan Mahkamah Agung RI nomor 378 K/Pidana 2021.

Dalam aksi tersebut, sempat terjadi saling dorong antara para demonstran dan kepolisian hingga bersitegang.(*)

(TribunnewsSultra.com/Husni Husein)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved