Breaking News:

Berita Baubau

Alasan Petugas di Baubau Makamkan Jenazah Covid-19 Tanpa APD, Keluarga Pasien Tak Percaya Corona

Alasannya, karena petugas diduga sering mendapat persersekusi dari keluarga jenazah yang meragukan penularan virus corona. 

Penulis: Risno Mawandili | Editor: Laode Ari
Handover
Tampak empat orang petugas evakuasi Covid-19 tak mengenakan APD saat pemulasaran jenazah. Peristiwa itu terjadi di Kelurahan Lanto, Kecamatan Batupoaro, Kota Baubau, Selasa (17/8/2021). 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM,KENDARIPetugas Satgas Covid-19 Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra), tak pakai alat pelindung diri (APD) saat memakamkan jenazah. 

Alasannya, karena petugas diduga sering mendapat persersekusi dari keluarga jenazah yang meragukan penularan virus corona. 

Meski demikian, petugas pemakaman tak pakai APD telah melanggar standar operasional prosedur (SOP) pemulasaran jenazah Covid-19

Ketua Tim Evakuasi Jenazah Satuan Gugus Tugas (Satgas) Covid-19 Kota Baubau, Darwis, meminta maaf atas tindakan menyalahi SOP saat pemulasaran jenazah, di Keluarahan Lanto, Kecamatan Wangkanapi, Kota Baubau, Sutra, Selasa (17/8/2021). 

"Kami meminta maaf atas kelalaian anggota. Kami menyadari tidak seharusnya mengabaikan SOP," ujarnya di telepon, Kamis (19/8/2021).

Baca juga: Update Terkini Kasus Covid-19 Kendari, 18 Agustus 2021: 9 Positif, 49 Sembuh, 1 Meninggal Dunia

Ia menjelaskan, kronologi petugas tak mengenakan APD saat memulasarkan jenazah bermula dari tindakan persekusi dari pihak keluarga jenazah. 

"Pernah kita diusir dan bahkan ada yang dipukul pakai sarung oleh ibu-ibu saat memulasarkan jenazah dengan APD lengkap," ujarnya. 

Dikonfirmasi terpisah, Sekretaris Satgas Covid-19 Kota Baubau, Muslimin Hibali, mengaku, telah menegur petugas evakuasi jenazah Covid-19 akibat kelalaian SOP. 

"Iya benar, saya baru saja memarahi mereka karena tidak mematuhi SOP (standar operasional prosedur) saat bertugas," ujar Muslimin di telepon, Kamis (19/8/2021). 

Menurutnya, tak ada alasan bagi petugas tak mengenakan APD saat pemulasaran jenazah Covid-19.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved