Breaking News:

Kisah Inspiratif

Kisah Inspiratif Sahaludin Guru di Baubau, Mengajar di Daerah Terpencil, Menepuh Jarak Sejauh 50 Km

Jarak sejauh 50 km dari rumahnya tak menyurutkan langka salah seorang guru di Kota Baubau, Sahaludin, untuk tetap memberikan ilmu

Penulis: Husni Husein | Editor: Laode Ari
Istimewa
Sahaludin bersama anak didiknya di halaman SDN 4 Buton usai mengikuti rangkaian kegitan HUT ke 76 RI, yang berlokasi di Kelurahan Wakalambe, Kecamatan Kapontori, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI- Berikut kisah inspiratif guru sekolah dasar di Baubau yang rela mengajar di daerah terpencil dan menempuh jarak puluhan kilometer.

Jarak sejauh 50 km dari rumahnya tak menyurutkan langka salah seorang guru di Kota Baubau, Sahaludin, untuk tetap memberikan ilmu kepada siswa siswi kesayangannya.

Sahaludin harus menempuh jarak yang jauh dengan menyusuri hutan agar dapat berjumpa dengan para siswanya.

Sekolah tempat ia mengajar berada di SD Negeri 4 Buton berlokasi di Kelurahan Wakalambe, Kecamatan Kapontori, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara.

Sementara tempat ia tinggal berada di Jalan Yos Sudarso No 43, Kelurahan Wale, Kecamatan Wolio, Kota Bau-Bau.

Baca juga: Guru TK di Baubau Mengaku Sedih Umumkan Perpanjangan PPKM, Sebut Muridnya Rindu Sekolah Tatap Muka

Sahaludin menuturkan terkadang ia harus rela berbasah basahan menerobos hujan agar tetap memberikan pelajaran sesuai jadwal ia mengajar.

"Berangkat dari rumah cuaca masih bagus tapi terkadang dijalan tiba tiba hujan dan kalau masih sempat saya berteduh di bawah pohon atau di perumahan warga apabila sudah di area permukiman," katanya melalui sambungan telepon, Rabu (18/8/2021).

Berpisah istri dan 3 anaknya yang masih berumur belia saat bertugas, menjadikan motivasi tersendiri bagi Sahaludin untuk tetap berbagi ilmu kepada siswa yang menunggunya di kelas.

"Kebahagiaan tersendiri dan mungkin feedbacknya sekarang saya tidak alami namun saya yakin suatu saat anak anak saya yang akan memperolehnya," ucap Sahaludin.

Sebelumnya, ia juga pernah mengabdikan menjadi guru SD Negeri Runduma di Pulau Runduma Kabupaten Wakatobi.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved