Breaking News:

Detik-detik Penyelamatan Dramatis 36 Mahasiswa Pecinta Alam Terjebak di Gunung Amonggedo Konawe

Proses penyelamatan dramatis 36 mahasiswa pecinta alam (Mapala) terjebak di Gunung Amonggedo Konawe usai kibarkan bendera merah putih di HUT RI ke 76.

Penulis: Arman Tosepu | Editor: Aqsa
Dok Humas Basarnas Kendari
Proses penyelamatan dramatis 36 mahasiswa pecinta alam (Mapala) terjebak di Gunung Amonggedo Konawe, Rabu (18/08/2021) dinihari, usai pengibaran bendera merah putih dalam rangka memperingati HUT RI ke 76. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KONAWE - Proses penyelamatan dramatis 36 mahasiswa pecinta alam (Mapala) terjebak di Gunung Amonggedo Konawe usai kibarkan bendera merah putih di HUT RI ke 76.

Sebanyak 36 Mapala dari Kelompok Pecinta Alam (KPA) Kompas Pencinta Alam Sampara tersebut ditemukan dalam kondisi selamat pada Rabu (18/08/2021) dinihari sekitar pukul 01.21 wita.

Para mahasiswa dilaporkan terjebak di Gunung Amonggedo, Desa Ulu Benua, Kecamatan Amonggedo, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), pada Selasa (17/08/2021) sekitar pukul 20.00 wita.

Mereka terjebak di gunung tersebut usai melakukan pengibaran bendera merah putih dalam rangka Hari Kemerdekaan Indonesia atau Hari Ulang Tahun (HUT) ke 76 RI.

Setelah ditemukan dalam kondisi selamat sekitar pukul 01.21 wita, para korban selanjutnya dievakuasi ke Posko Bendungan Ulu Benua pada Rabu dinihari sekitar pukul 03.00 wita.

“Mengingat seluruh korban telah dalam kondisi aman, pada pukul 03.00 wita operasi SAR mahasiswa pencinta alam yang terjebak dinyatakan selesai dan ditutup,” kata Kepala Basarnas Kendari, Aris Sofingi, melalui keterangan tertulisnya.

Seluruh unsur yang terlibat dalam operasi penyelamatan Mapala yang terjebak setelah pengibaran bendera merah putih di Gunung Amonggedo tersebut dikembalikan ke kesatuannya masing-masing.

Unsur yang terlibat yakni 8 rescuer Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) atau Basarnas Kendari, 3 anggota TNI dari Koramil Wawotobi, dan 4 personel Polsek Pondidaha.

Sebanyak 11 personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Konawe, 18 anggota KPA Kompas, 30 masyarakat setempat, dan Camat Amonggedo juga terlibat dalam operasi penyelamatan ini.

Proses Penyelamatan

Baca juga: Daftar 36 Mahasiswa Pecinta Alam Dievakuasi di Gunung Amonggedo Usai Pengibaran Bendera Merah Putih

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved