Breaking News:

9 Tempat Bersejarah di Kota Kendari, Situs Peninggalan Jepang dan Belanda, hingga Makam Pulau Pandan

Berikut 9 tempat bersejarah di Kota Kendari, dari bangunan peninggalan Jepang dan Belanda, hingga makam di Pulau Pandan yang bisa kamu kunjungi.

Editor: Aqsa
kolase foto (handover)
Berikut 9 tempat bersejarah di Kota Kendari, dari bangunan peninggalan Jepang dan Belanda, hingga makam di Pulau Pandan yang bisa kamu kunjungi. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Berikut 9 tempat bersejarah di Kota Kendari, dari bangunan peninggalan Jepang dan Belanda, hingga makam di Pulau Pandan yang bisa kamu kunjungi.

Tempat dan situs sejarah tersebut tersebar disejumlah titik di ibu kota Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) tersebut.

Apa saja? Simak ulasannya berikut ini:

1. Makam di Pulau Pandan

Salah satu makam di kawasan yang berlokasi di Kelurahan Poasia, Kota Kendari, tersebut yakni Mallarangeng Patta Rani Puang Rainang Petta Sundari.

Sosok yang dikenal dengan sebutan Syekh Sabang ini merupakan raja leluhur Laiwoi sekaligus penyebar agama Islam pertama di Kendari maupun Konawe.

“Ia (Syekh Sabang) juga pemimpin dari seluruh masyarakat di Pulau Pandan,” kata Ketua RW II Pulau Pandan, Arifin Dulla, ditemui TribunnewsSultra.com, Minggu (15/08/2021).

Selain makam Syekh Sabang, kata Arifin, juga terdapat beberapa makam maupun situs peninggalan Belanda di kawasan ini.

Salah satunya gua tempat persembunyian tentara kolonial yang kini kondisinya sudah tertutup.

Menurut Arifin, kawasan tersebut dinamakan Pulau Pandan karena kala itu berbentuk pulau yang dipenuhi oleh tumbuhan pandan.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved