Breaking News:

Pejabat Sultra Tersangka

KPK Sebut Kasus Korupsi PT Toshida di Sultra Rugikan Negara Rp168 Miliar

Jubir KPK Ali Fikri menyebut kasus korupsi pertambangan PT Toshida di Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara diduga rugikan negara Rp168 miliar.

Penulis: Muhammad Israjab | Editor: Laode Ari
(TribunnewsSultra.com/Fadli Aksar)
Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tenggara ( Kejati Sultra) menyita puluhan dokumen dari Kantor Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sultra, Senin (14/6/2021). 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Pelaksana tugas juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ), Ali Fikri menyebut kasus korupsi pertambangan PT Toshida Indonesia di Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara diduga rugikan negara Rp168 miliar.

Hal ini tindaklanjut pemeriksaan perkara dugaan tindak pidana korupsi penyalahgunaan Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan (IPPKH) dan Rencana Kerja dan Anggaran Belanja (RKAB) PT Toshida.

"Dalam perkara ini diduga kerugian negaranya mencapai lebih dari Rp 168 miliar, yakni dari Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang tidak dibayarkan PT Toshida sejak perusahaan tersebut mulai beroperasi pada 2009 hingga 2020," ujar Ali, dalam keterangan tertulis, dikutip dari Kompas.com, Jumat (13/8/2021).

Baca juga: Status Tersangka Korupsi Bos PT Toshida Dianulir Hakim di Praperadilan, Kejati: Yakin LSO Bersalah

Menurut Ali, selama aktivitas kurun 2009-2020, PT Toshida tidak pernah membayar PNBP IPPKH. 

Sehingga, KLHK mencabut izin PT Toshida.

Tapi, setelah pencabutan izin, PT Toshida ternyata masih menambang dan kegiatan operasional berdasarkan pada RKAB dari Dinas ESDM Sultra ke perusahaan tersebut.

"Dalam penanganan perkara ini, Direktorat Korwil IV KPK memberi dukungan serta pendampingan untuk Kejati Sultra," kata Ali.

Selain itu, KPK memfasilitasi dukungan keterangan ahli yang dibutuhkan penyidik Kejati Sultra yang dilakukan sejak Senin hingga Jumat pada 9-13 Agustus 2021.

"KPK harap perkara bisa segera tuntas," ucapnya.

KPK juga memantau sidang praperadilan yang diajukan tersangka BN selaku mantan pelaksana tugas Kepala Dinas ESDM Sultra.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved