Sulawesi Tenggara

Wisata Mangrove di Sulawesi Tenggara, Hutan Mangrove Bungkutoko hingga Hutan Mangrove Desa Totobo

Simak berikut ini wisata mangrove di Sulawesi Tenggara, Hutan Mangrove Bungkutoko hingga Hutan Mangrove Desa Totobo.

Istimewa
Hutan Mangrove Desa Totobo Kolaka 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Simak berikut ini wisata mangrove di Sulawesi Tenggara, Hutan Mangrove Bungkutoko hingga Hutan Mangrove Desa Totobo.

Hutan bakau atau kerap disebut hutan mangrove tumbuh di sepanjang pesisir pantai, muara sungai, bahkan ada yang tumbuh di rawa gambut.

Adapun hutan mangrove bermanfaat besar bagi masyarakat yang tinggal di daerah dekat pantai untuk mencegah abrasi dan tsunami, serta peresapan air laut ke daratan.

Di Sulawesi Tenggara atau biasa disingkat Sultra terdapat beberapa kawasan hutan mangrove seperti di Kota Kendari dan Kabupaten Kolaka.

Biasanya hutan mangrove digunakan sebagai destinasi wisata untuk dikunjungi masyarakat. Selain menikmati keindahannya, masyarakat juga bisa memperoleh edukasi.

Selengkapnya, simak berikut ini wisata mangrove di Sulawesi Tenggara, Hutan Mangrove Bungkutoko hingga Hutan Mangrove Desa Totobo.

Baca juga: 7 Kampus Kesehatan di Sulawesi Tenggara, STIKes Pelita Ibu Kendari hingga Politeknik Baubau

1. Hutan Mangrove Bungkutoko

Hutan Mangrove Bungkutoko terletak di Pulau Bungkutoko, Kelurahan Bungkutoko, Kecamatan Abeli, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

Untuk ke Hutan Mangrove Bungkutoko dapat Anda tempuh dengan waktu kurang lebih 30-45 menit dengan kendaraan roda dua dan roda empat dari ibu kota Kendari.

Hutan Mangrove Bungkutoko memiliki panjang mencapai 600 meter, dilengkapi dengan tracking memutar.

Hutan Mangrove Bungkutoko Kendari
Hutan Mangrove Bungkutoko Kendari (Celebes)

Adapun wisata mangrove ini dapat menarik perhatian pengunjung, pasalnya tracking didesain warna warni dilengkapi dengan gazebo-gazebo.

Selain itu, fasilitas penunjang lainnya seperti pos jaga, menara pemantau, dan gerbang masuk ke Hutan Mangrove Bungkutoko.

Aktivitas para wisatawan yang mengunjungi hutan mangrove Bungkutoko, antara lain memancing, berswafoto, dan menikmati kuliner.

Jenis vegetasi mangrove yang umum ditemukan di sepanjang pesisir pulau Bungkutoko adalah jenis mangrove dari famili Rhizophoraceae (Rhizophora spp.) dan Sonneratiaceae (Sonneratia spp.).

Baca juga: 7 Kampus Negeri dan Swasta di Sulawesi Tenggara, UHO hingga Universitas Sembilanbelas November

Halaman
123
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved