Breaking News:

Makelar Sertifikat Vaksin Palsu Ditangkap, Kapolres Baubau: Pelaku Pungut Biaya Rp1,2 Juta Per Orang

Makelar sertifikat vaksin palsu dan surat keterangan hasil tes usap antigen alias rapid test antigen, ditangkap pihak Polres Baubau. 

Penulis: Risno Mawandili | Editor: Laode Ari
Handover
Terduga pelaku makelar surat vaksin dan hasil swab antigen yang ditangkap petugas Polres Baubau. Pelaku yang keseharian bekerja sebagai buruh pelabuhan itu meminta uang Rp1,2 juta kepada 26 penumpang KM Sinabung untuk pengurusan dokumen palsu sertifikat vaksin dan hasil swab antigen. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM,BAUBAU - Makelar sertifikat vaksin palsu dan surat keterangan hasil tes swab antigen alias rapid test antigen, ditangkap pihak Polres Baubau

Pelaku merupakan buruh pelabuhan berinial A, laki-laki, ditangkap di Pelabuhan Murhum Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra), Selasa (27/7/2021) malam. 

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Baubau, AKBP Rio Tangkari, mengatakan, A ditangkap karena diduga merupakan makelar yang menyediakan dokumen perjalanan laut palsu.

Ia menjelaskan, A menjual dokumen palsu tersebut beserta tiket seharga Rp1,2 juta. 

"Pelaku ini memungut biaya senilai Rp1.250.000 dari masing-masing penumpang, untuk harga sertifikat vaksin dan hasil rapid tes antigen dan tiket kapal," ujarnya. 

Baca juga: Gegara Ulah 2 Oknum Polisi Militer TNI AU di Merauke, Panglima TNI Bereaksi, Danlanud Minta Maaf

Baca juga: Stok Vaksin Menipis, Dinkes Kendari Prioritaskan Vaksinasi untuk Kebutuhan Penerbangan

Rio menambahkan, saat ini A diamankan di Polres Baubau untuk proses interogasi lebih lanjut. 

"Saat ini yang bersangkutan masih kami tahan, guna melakukan interogasi," imbuhnya. 

Untuk diketahui, Satgas Covid-19 Kota Sorong menciduk 26 penumpang KM Sinabung asal Kota Baubau, menggunakan sertifikat vaksin dan hasil tes usap antigen palsu. 

Akibatnya, 26 penumpang tersebut dipulangkan kembali ke Baubau setelah sampai di Pelabuhan Kota Sorong, Papua Barat. 

Diketahui, dokumen perjalanan laut palsu itu ternyata didapat dari seorang makelar berinisial A, yang kini telah diamankan Polres Baubau.

Petugas Pelni saat periksa 26 warga Baubau di Pelabuhan Sorong yang kedapatan bawa dokumen palsu sertifikat vaksin dan hasil swab antigen.
Petugas Pelni saat periksa 26 warga Baubau di Pelabuhan Sorong yang kedapatan bawa dokumen palsu sertifikat vaksin dan hasil swab antigen. (Tangkap layar Papua Channel)

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved