Breaking News:

Virus Corona

Presiden Jokowi Umumkan PPKM Level 4 Diperpanjang hingga 2 Agustus 2021, Berikut Ketentuannya

Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 resmi diperpanjang hingga 2 Agustus 2021 mendatang.

Penulis: Clarissa Fauzany | Editor: Clarissa Fauzany
Instagram/@Jokowi
Presiden Joko Widodo atau Jokowi. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM - Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 resmi diperpanjang hingga 2 Agustus 2021 mendatang.

Perpanjangan masa PPKM Level 4 itu disampaikan Presiden Joko Widodo dalam keterangan persnya, Minggu (25/7/2021).

Disampaikan, PPKM Level 4 diperpanjang mulai Senin, 26 Juli 2021 sampai dengan Senin, 2 Agustus 2021.

"Dengan mempertimbangkan aspek kesehatan, aspek ekonomi, dan dinamika sosial, saya memutuskan untuk melanjutkan penerapan PPKM level 4 dari 26 Juli sampai dengan 2 Agustus 2021," ungkap Jokowi, sebagaimana dikutip dari Tribunnews.com, Minggu.

Baca juga: Sudah Divaksin Covid-19? Simak Cara Mengunduh Sertifikat Vaksinasi di PeduliLindungi Berikut Ini

Baca juga: Apa Arti PPKM Level 4, Perbedaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 1, 2, 3?

Presiden menjelaskan, akan terdapat sejumlah penyesuaian terkait aktivitas dan mobilitas masyarakat dalam penerapan PPKM nanti.

Dikutip dari laman setkab.go.id, sejumlah penyesuain yang dilakukan pemerintah dalam penerapan PPKM antara lain meliputi:

1. Pasar rakyat yang menjual sembako sehari-hari diperbolehkan untuk buka seperti biasa dengan protokol kesehatan yang ketat;

2. Pasar rakyat yang menjual selain kebutuhan pokok sehari-hari bisa buka dengan kapasitas maksimal 50 persen sampai dengan pukul 15.00, di mana pengaturan lebih lanjut dilakukan oleh pemerintah daerah;

3. Pedagang kaki lima, toko kelontong, agen atau outlet voucher, pangkas rambut, laundry, pedagang asongan, bengkel kecil, cucian kendaraan, dan usaha-usaha kecil lain yang sejenis diizinkan buka dengan protokol kesehatan yang ketat sampai dengan pukul 21.00 yang pengaturan teknisnya diatur oleh pemerintah daerah;

4. Warung makan, pedagang kaki lima, lapak jajanan, dan sejenisnya yang memiliki tempat usaha di ruang terbuka diizinkan buka dengan protokol kesehatan yang ketat sampai pukul 20.00 dan maksimal waktu makan untuk setiap pengunjung 20 menit.

Baca juga: Data Sebaran Penambahan Kasus Covid-19 di Indonesia, Minggu 25 Juli 2021: Total 38 Ribu Kasus Baru

Sebagai informasi, aturan PPKM diterapkan dalam rangka mencegah penularan virus corona atau Covid-19.

Diketahui, dalam beberapa waktu terakhir, Indonesia mencatat peningkatan kasus secara signifikan.

Menurut data terbaru, jumlah kasus virus corona di Indonesia telah mencapai angka 3.166.505, secara kumulatif, per Minggu (25/7/2021).

(TribunnewsSultra.com/Clarissa) (Tribunnews.com/Gilang)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved