Breaking News:

Idul Adha 2021

Shalat Idul Adha 2021 Boleh Digelar untuk Kabupaten/Kota Zona Kuning dan Hijau dengan Izin Pemda

Shalat Idul Adha 2021 boleh digelar untuk kabupaten dan kota berstatus zona hijau hingga zona kuning risiko penyebaran Covid-19.

Penulis: Muh Ridwan Kadir | Editor: Fadli Aksar
(Muh Ridwan Kadir/TribunnewsSultra.com)
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tenggara ( Kanwil Kemenag Sultra), Fesal Musaad. Shalat Idul Adha 2021 boleh digelar di kabupaten dan kota berstatus zona hijau hingga zona kuning risiko penyebaran Covid-19. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Shalat Idul Adha 2021 boleh digelar di kabupaten dan kota berstatus zona hijau hingga zona kuning risiko penyebaran Covid-19.

Namun, Shalat Idul Adha 2021 harus melalui kebijakan kepala daerah masing-masing kabupaten dan kota.

Hal itu dibenarkan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tenggara ( Kanwil Kemenag Sultra), Fesal Musaad.

Ia menjelaskan, Provinsi Sultra bukan merupakan wilayah yang menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Darurat, melainkan PPKM Mikro.

"Untuk pelaksanaan Shalat Idul Adha 2021 pada 17 kabupaten dan kota di Sultra mengikuti peta zonasi. Tapi tergantung keputusan kepala daerah masing-masing," ucap Fesal di Gedung Kanwil Kemenag Sultra, Senin (19/7/2021).

Kata Fesal, ketika bupati dan wali kota membolehkan, Shalat Idul Adha 2021 bisa digelar dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Kapasitas masjid hanya boleh diisi 50 persen jamaah, menjaga jarak dan memakai masker.

Baca juga: Sehari Jelang Idul Adha 2021, Harga Bumbu Dapur, Ayam hingga Daging Naik di 3 Pasar di Kota Kendari

Pembacaan khutbah dibolehkan dengan durasi 5 menit dan khatib wajib memakai masker.

"Sedangkan malam takbiran itu boleh di masjid 10 persen saja dan takbiran keliling tidak diperbolehkan karena banyak mudharat dari pada manfaatnya,” ujar Fesal.

Penyembelihan Kurban

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved