Breaking News:

Istri Gubernur Sultra Berpulang

AGISTA ARIANY Oleh: Erwin Usman

Saat menjadi ibu Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) tahun 2003-2008, usianya baru 28 tahun.

Editor: Fadli Aksar
Facebook
Agista Ariany Meninggal Dunia 

Oleh: Erwin Usman

Pendiri LBH Kendari

Presidium Nasional Persatuan Nasional Aktivis (PENA '98)

Saat menjadi ibu Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) tahun 2003-2008, usianya baru 28 tahun. Dia mendampingi suaminya Ali Mazi. Yang terpilih dalam pemilihan Gubernur (Pilgub) Sultra di DPRD Sultra. 21 November 2002. Kala itu, sistem pemilihan kepala daerah belum secara langsung. Di periode ini, saya tidak pernah bersemuka dengan Agista. Jadi, tidak akrab. Apalagi saya sudah berdomisili di Jakarta.

Saya hanya kenal suaminya; seorang Advokat di Jakarta (sebelumnya di Yogyakarta) dan kami sama-sama dari Buton. Agista sendiri asalnya dari Gorontalo. Menikah dengan Ali Mazi tahun 2000.

Pertemuan dengan Agista terjadi saat saya ditunjuk Ali Mazi jadi Koordinator Tim Advokasi Ali Mazi dalam Pilgub Sultra 2012. Waktu itu suaminya dijegal KPUD Sultra dalam tahap pleno pencabutan nomor urut pasangan calon (paslon). Yang berujung Ali Mazi dan Bisman Saranani, cawagubnya, digugurkan.

Kisah kemudian, Tim Advokasi menggugat ke Dewan Kehormatah Penyelenggara Pemilu (DKKP RI) dan putusannya: Ketua dan semua anggota KPUD Prov. Sultra diberhentikan tidak hormat. Ketua Majelisnya Prof. Dr. Jimly Asshiddiqie, SH.

Dalam proses advokasi yang berlangsung kurang lebih 2 bulan itu, saya dan tim advokasi banyak berdiskusi dan mematangkan langkah di kediaman Ali Mazi. Letaknya di Jl. Hang Tuah, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Lokasinya persis di belakang gedung bundar Kejaksaan Agung. Dekat juga dari Blok M Plaza. Agista sebagai tuan rumah jadi sering ketemu dan bercakap. Sesekali dia tanya perkembangan kerja tim.

Yang paling saya ingat, bila pagi hari sarapan dengan Ali Mazi. Di ruang tengah. Agista akan menyiapkan sendiri sarapan. Walau ada asisten rumah tangga. Dari memasak, menata makanan di meja makan, hingga menemani sarapan.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved