Breaking News:

Berita Konawe

Aparat Polsek Wonggeduku Konawe Imbau Warga Waspada Luapan Air di Sungai Konaweeha

Kapolsek Wonggeduku, Ipda Jusriadi mengatakan beberapa desa di Kecamatan Wonggeduku rawan terjadi banjir saat musim hujan.

Penulis: Arman Tosepu | Editor: Laode Ari
Istimewa
Personil Kepolisian Sektor (Polsek) Wonggeduku Kabupaten Konawe mengecek debit air di Sungai Konaweeha, Kamis (01/6/2021). Aparat meminta warga tetap waspada air meluap karena kondisi hujan yang terus terjadi di beberapa wailayah Sulawesi Tenggara. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KONAWE - Aparat kepolisian dari Polsek Wonggeduku, Kabupaten Konawe mengecek debit air baik di tanggul dan di Sungai Konaweha, Rabu (30/07/2021).

Hal itu dilakukan sebagai bentuk antisipasi jika sewaktu-waktu air di sungai tersebut meluap dan banjir di musim penghujan ini.

Terlebih beberapa hari terakhir wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra) diguyur hujan berkepanjangan.

Hal tersebut menyebabkan potensi terjadinya banjir dibeberapa wilayah meningkat.

Baca juga: Waspada ! Lima Daerah di Sultra Rawan Banjir, Lakukan Upaya Ini Cegah Terjadinya Banjir

Baca juga: 3 Kompleks Perumahan Langganan Banjir Selama Bertahun-tahun, DPRD Kendari Minta Pembuatan Kanal

Kapolsek Wonggeduku, Ipda Jusriadi mengatakan beberapa desa di Kecamatan Wonggeduku rawan terjadi banjir saat musim hujan.

"Di Kecamatan Wonggeduku Barat yang biasanya pertama banjir adalah Desa Linonggasai, kalau di Kecamatan Wonggeduku yaitu Desa Dawi- Dawi,” kata Ipda Jusriadi.

Sementara itu, dari hasil pengecekan kondisi air sungai Konaweha masih aman dan stabil, ketinggian debit air dari permukaan tanggul kurang dari 2 meter.

Namun, sebagai bentuk sikap antispasi air sungai meluap secara tiba-tiba, pihaknya tetap menghimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada, menjaga kebersihan serta tidak membuang sampah disembarang tempat.

“Apabila hujan turun selama 2 x 24 jam maka masyarakat harus bersiap untuk mengungsi demi menjaga kemungkinan meluapnya air Sungai Konaweha dan tanggul yang ada disekitar Sungai tersebut,” jelas Ipda Jusriadi. (*)

(TribunnewsSultra.com/Arman Tosepu)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved