Breaking News:

Berita Sultra

Interior Dua Lantai Perpustakaan Modern Bertaraf Internasional di Kendari Habiskan Rp2,4 Miliar

Berikut besaran anggaran yang disiapkan Pemprov Sultra untuk pengerjaan interior dua lantai Perpustakaan Modern bertaraf Internasional di Kendari

Penulis: Muh Ridwan Kadir | Editor: Sitti Nurmalasari
Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sultra Nur Saleh 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Berikut besaran anggaran yang disiapkan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara untuk pengerjaan interior dua lantai Perpustakaan Modern Bertaraf Internasional di Kendari.

Setelah menyelesaikan pembangunan Perpustakaan Modern Bertaraf Internasional, kini Pemprov Sultra akan melanjutkan tahap pengerjaan interior bangunan tujuh lantai tersebut.

Untuk desain interior bangunan yang berada di Jalan Sao Sao, Kecamatan Kadia, Kendari ini rencananya menelan anggaran Rp2,4 miliar.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sultra, Nur Saleh mengatakan anggaran tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2021 Sulawesi Tenggara.

"Rencananya perpustakaan modern tersebut akan diresmikan tahun ini. Saat ini masih dalam tahap pengerjaan interior di lantai satu dan lantai duanya," ucap Saleh, Selasa (29/6/2021).

Baca juga: Tingkatkan Minat Baca Anak, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Kendari Gelar Lomba Bertutur

Baca juga: Perpustakaan Daerah Sulawesi Tenggara Gelar Beragam Lomba di Masyarakat, Begini Antusias Peserta

Nur Saleh menyebut untuk eksterior bangunan tersebut telah rampung, sehingga dilanjutkan pengerjaannya pada tahap interior.

"Harapan saya untuk pengerjaan interior bisa selesai di era Covid-19 ini, sehingga pada lantai tiga hingga lantai enam bisa juga diselesaikan pada APBD perubahan ini," ujar Saleh.

Lanjut Saleh, di lantai satu rencananya terdapat ruang baca dan ruang penelusuran sehingga disana disiapkan persyaratan untuk memudahkan para pengunjung dalam mencari referensi yang ada di perpustakaan.

Sedangkan pada lantai dua selain ada ruang baca, juga terdapat ruang pemutaran film dokumenter.

"Film yang nanti akan diputar yaitu dominan untuk dokumenter di wilayah Sultra seperti para pejuang dan para tokoh yang ada di Sultra," ungkap Saleh.

Baca juga: Perpustakaan Moderen Bertaraf Internasional Siapkan 20 Unit Komputer untuk Akses Aplikasi e-Sultra

Baca juga: Pembaca di Perpustakaan Daerah Sulawesi Tenggara Menurun, Diklaim Akibat Pandemi Covid-19

Saleh menyebut dengan pemutaran film yang ada di perpustakaan masyarakat bisa mengetahui sejarah serta para tokoh yang ada di Sultra.

Selain cinta terhadap Tanah Air, masyarakat juga dapat mengetahui serta cinta kepada pahlawan yang memperjuangkan Sulawesi Tenggara. (*)

(TribunnewsSultra.com/ Muh Ridwan Kadir)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved