Breaking News:

Berita Sulawesi Tenggara

Kemenag Sulawesi Tenggara Tiadakan Salat Idul Adha di Wilayah Zona Merah dan Zona Oranye Covid-19

Kementerian Agama (Kemenag) resmi meniadakan pelaksanaan ibadah Salat Idul Adha 1442 H/2021 M.

Penulis: Muhammad Israjab | Editor: Laode Ari
Handover
Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Tenggara (Sultra), Fesal Musaad menyebut pelanksaan Salat Idul Adha tidak diperbolehkan di zona merah dan zona oranye penyebaran Covid-19. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Kementerian Agama ( Kemenag ) resmi meniadakan pelaksanaan ibadah Salat Idul Adha 1442 H/2021 M.

Larangan Salat Idul Adha 2021 itu berlaku khususnya wilayah zona merah dan oranye penyebaran Covid-19 di Sulawesi Tenggara.

Kebijakan itu diambil dalam rangka mencegah penularan Covid-19.

Baca juga: Kuota Haji 2021 Tak Diberikan, Kanwil Kemenag Sultra Sebut Dipicu Kasus Covid-19 Belum Turun

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama ( Kanwil Kemenag ) Sultra, Fesal Musaad mengatakan larangan pelaksanaan salat idul adha Ini sesuai surat edaran Menteri Agama (Menag) nomor 15 tahun 2021 tentang penerapan protokol kesehatan dalam penyelenggaraan Salat Idul Adha dan pelaksanaan Qurban Tahun 1442 H/2021 M.

“Kebijakan itu dikeluarkan dengan menimbang kondisi negara yang masih berada ditengah pandemi Covid-19," katanya, Senin (28/6/2021).

Menurut Fesal, instruksi ini sudah disampaikan ke 17 Kanwil Kemenang kabupaten kota.

"Sebab masih terdapat zona merah dan oranye dengan resiko tinggi penularan Covid-19. Instruksi ini sudah saya sampaikan kepada seluruh kepala kantor Kemenag di 17 daerah di Sultra,” ujarnya.

Mantan Kepala Kanwil Kemenag Maluku ini menyerankan masyarakat di wilayah zona merah untuk melaksanakan salat idul adha di rumah masing-masing.

Berdasar panduan yang akan diterbitkan pemerintah. 

Baca juga: Kemenag Putuskan Tak Ada Haji 2021, 563 Calon Haji Asal Kendari Gagal Berangkat

Selain itu, Kemenag bakal memberlakukan pengetatan protokol kesehatan (prokes) terhadap pelaksanaan salat id khusus di wilayah zona kuning dan hijau. 

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved