Kendari Preneur 2021

Begini Cara Pemkot Tingkatkan dan Kembangkan UMKM Melalui Kendari Preneur

Program ini digagas untuk menumbuh kembangkan dan membantu peningkatan Usaha Mikro dan Kecil Menengah atau UMKM Kendari.

Penulis: Husni Husein | Editor: Laode Ari
Tangkap Layar Youtube Tribunnewssultra.com
TRIBUN CORNER- Bincang-bincang seputar UMKM Kota Kendari bersama Ketua Kendari Preneur, Syarif Maulana. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI- Dalam Kendari Preneur, ada tiga program yang dijalankan Pemerintah Kota Kendari.

Program ini digagas untuk menumbuh kembangkan dan membantu peningkatan Usaha Mikro dan Kecil Menengah atau UMKM Kendari.

"Bidang mentoring dan pelatihan yaitu program yang kita gagas di Kota Kendari lebih kepada pembinaan persoalan mendasar dihadapi oleh UMKM," kata Syarif.

Selain itu, Syarif mengungkapkan pelaku UMKM biasanya berfikir berjalan sendiri dalam meningkatkan usaha yang kemudian hal ini menjadi perhatian Pemerintah Kota Kendari.

"Konsentrasi Kendari Prenuer itu hadir untuk melakukan proses pembinaan yang berkelanjutan, misalnya sesuai identifikasi masaalah ditemukan dilapangan maka hasil identifikasi itu kita rumuskan dalam 1 metode pembelajaran," ujar Syarif.

Baca juga: Dukungan untuk Munas Kadin 2021 di Sulawesi Tenggara Terus Mengalir, Ajang Promosi Bagi UMKM

Bahkan Kendari Prenuer katanya sudah menyusun kurikulum pembelajaran, pembinaan agar fokus penyelesaian masaalah agar tepat sasaran dalam penyelesaian masaalah di hadapi oleh UMKM.

Kemudian untuk menyelesaikan masalah tersebut, Kendari Prenuer menyiapkan mentor terbaik di Kota kendari dari seluruh organisasi bergerak di bidang enterprenuer.

"Kita sama-sama bangkitkan UMKM nya tentu mereka kita minta andil dalam kesediaannya menjadi mentor," kata Syarif.

Tak tanggung tanggung, mentor yang disediakan oleh Kendari Prenuer merupakan mentor berpengalaman di bidang pemberdayaan.

"Jadi sebelum terjun ke dunia UMKM disekolahkan dulu berupa pembekalan sehingga bagi para mentor yang dihasilkan Kendari Prenuer bukan kaleng kaleng," kata Syarif

Selanjutnya, Syarif mengatakan dalam hal ini bukan hanya pelaku UMKM yang akan diuntungkan namun para mentor juga akan mendapatkan sertifikat BNSP langsung negara.

Baca juga: Munas Kadin di Sultra Gairahkan Perekonomian, Anton Timbang Ajak UMKM, Sebut Prakarsa Istri Gubernur

Program selanjutnya yang digagas oleh Kendari Prenuer ialah Digital online dan marketing.

Syarif mengatakan, Program ini tentu merupakan hal keniscayaan yang ingin di bangun pada pelaku UMKM.

"Gimana sih caranya mengoptimalkan media sosial untuk keperluan usaha nah mentornya juga dibekali dengan seputar itu, jadi ini tinggal kita sinergi kan saja antara yang punya kemampuan dan yang membutuhkan," kata Syarif

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved