Breaking News:

SBMPTN 2021

3.508 Camaba Universitas Halu Oleo Lolos Lewat Jalur SBMPTN 2021, Tapi Kuota Belum Terpenuhi

Namun, jumlah peserta SBMPTN 2021 yang lulus tersebut, tidak mencukupi kuota 40 persen.

Penulis: Amelda Devi Indriyani | Editor: Fadli Aksar
(Amelda Devi Indriyani/TribunnewsSultra.com)
Wakil Rektor I UHO Bidang Akademik La Hamimu SSi MT PhD. Sebanyak 3.508 Calon Mahasiswa Baru (Camaba) Universitas Halu Oleo (UHO) lulus dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), pada Senin (14/6/2021). 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Sebanyak 3.508 Calon Mahasiswa Baru (Camaba) Universitas Halu Oleo (UHO) lulus dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), pada Senin (14/6/2021).

Kuota masing- masing jalur pada penerimaan mahasiswa baru, yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 30 persen, SBMPTN 40 persen, dan SMMPTN 30 persen.

Namun, jumlah peserta SBMPTN 2021 yang lulus tersebut, belum mencukupi kuota 40 persen.

Wakil Rektor (WR) I UHO, Dr La Hamimu mengatakan, pendaftar SBMPTN UHO hampir mencapai 10.000 orang, tetapi yang dinyatakan lulus oleh panitia pusat yakni 3.508 peserta.

Sehingga masih banyak Program Studi (Prodi) yang masih kurang kuotanya.

Baca juga: Sembilan Ribu Calon Mahasiswa UHO Ikuti UTBK-SBMPTN, Mulai 12 dan 26 April

"Ini karena banyak Camaba yang mendaftar pada prodi favorit, jika melihat jumlah pendaftar sebenarnya sangat cukup, tapikan kita tidak bisa memaksa mereka harus masuk prodi yang sama," ujarnya, Senin (14/6/2021).

Ia menjelaskan, karena jumlah pendaftar yang tidak merata pada setiap Prodi, sehingga dalam SBMPTN 2021 ini terdapat beberapa prodi telah mencukupi dan belum mencukupi kuota.

Kuota SNMPTN dan SBMPTN yang tidak terpenuhi, khususnya prodi yang masih kosong, akan dibuka dan dialihkan ke jalur SMMPTN.

“Untuk Prodi yang masih kurang kuotanya itu ada sekiranya 28 Prodi, salah satunya Prodi Peternakan, masih tersisa sebanyak 76 orang," ujarnya.

Sedangkan, salah satu Prodi yang banyak peminat adalah Prodi Ilmu Hukum Fakultas Hukum (FH), saat ini kuotanya sudah terpenuhi sebanyak 174 peserta.

Baca juga: 85 Universitas yang Buka Penerimaan Jalur SBMPTN, Berikut Link Pendaftarannya

Secara otomatis Prodi Ilmu Hukum tidak lagi diikutkan di Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi (SMMPTN) atau jalur terakhir.

Jalur SMMPTN sudah mulai dibuka oleh UHO pada 14 Juni 2021.

Tentu ini akan menjadi kesempatan terakhir bagi Calon mahasiswa yang ingin berkuliah di UHO.

"Sekarang ini, kami sudah buka pembuatan akun pada pendaftaran SMMPTN. Kami berharap di jalur ini, semua kuota yang ditergetkan itu bisa tercapai, dari total kuota UHO sebanyak 9 ribuan,” tambahnya.(*)

(TribunnewsSultra.com/Amelda Devi Indriyani)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved