Breaking News:

Ekonomi Sultra Akan Meningkat pada 2021, Bank Indonesia Ingin Masyarakat Berbelanja Cerdas dan Bijak

Perekonomian Sulawesi Tenggara (Sultra) diperkirakan akan tumbuh pada 2021 dan inflasi terjaga pada target sasaran nasional.

Penulis: Amelda Devi Indriyani | Editor: Laode Ari
Istimewa
Kepala Perwakilan (KPw) BI Provinsi Sultra Bimo Epyanto. Iven Bincang Bareng Media, melalui via zoom, Kendari, Senin (10/4/2021). 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Perekonomian Sulawesi Tenggara (Sultra) diperkirakan akan tumbuh pada 2021 dan inflasi terjaga pada target sasaran nasional. 

Hal ini disampaikan Kepala Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Provinsi Sultra, Bimo Epyanto, dalam event Bincang Bareng Media, melalui via zoom, Kendari, Senin (10/4/2021).  

"Kami memperkirakan untuk 2021 hingga akhir tahun, pertumbuhan ekonomi Sultra akan lebih baik atau tinggi dibanding tahun 2020," katanya.

Baca juga: Bappenas: Eskpor Ferronikel di Kolaka dan Konawe Utara Dorong Laju Ekonomi Sultra Tahun 2022

Secara kualitatif, inflasi berada dalam target nasional sebesar 3 persen plus minus 1 persen. 

Dimana perkembangan inflasi Sultra pada April 2021 tetap terkendali. 

Hal itu dipicu oleh peningkatan permintaan sesuai polanya. 

Seiring masuknya periode ramadhan di tengah penurunan produksi beberapa komoditas dengan beberapa capaian bulanan tersebut. 

"Pada April, tercatat sebesar 0,35 persen (mtm), lebih tinggi di bandingkan bulan sebelumnya, yang tercatat sebesar 0,03 persen (mtm)," kata Bimo. 

Capaian inflasi tahunan Sultra masih tetap terjaga dan terkendali sebesar 2,06 persen (yoy).

"Yang menggembirakan ada kecenderungan di 2020 - akhir April 2021 periode. Selama periode lebaran perkembangan inflasi 2020 itu cenderung lebih rendah dibanding tahun-tahun sebelumnya," ungkap Bimo. 

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved