Breaking News:

Hari Pendidikan Nasional 2021

Peringati Hardiknas 2021, Duta Bahasa Sultra Edukasi Warga Binaan Lapas Anak Kendari

Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2 Mei 2021, Duta Bahasa Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar kegiatan LPKA Kendari.

Penulis: Sri Rahayu
Editor: Laode Ari
Istimewa
SELEBARAN - Warga binaan LPKA Kelas II A Kendari inisial "Pengusaha Ganteng" menuliskan harapannya memperingati Hardiknas 2021. Harapannya untuk melanjutkan sekolah kembali dituangkan lewat selebaran berwana merah jambu. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional atau Hardiknas 2021, Duta Bahasa Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar kegiatan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Kendari.

Kegiatan tersebut adalah Suara Literasi, yang mengusung tema "Suara Mereka, Suara Kita Semua".

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, 1-2 Mei 2021, yang melibatkan puluhan warga binaan LPKA Kelas II A Kendari, Kantor Bahasa Sultra, serta IKA Duta Bahasa (Dubas) Sultra.

Ketua Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Dubas Sultra, Rahmat Alzadiman mengatakan konsep yang diusung dalam kegiatan ini adalah belajar sambil bermain.

"Jadi konsepnya belajar sambil bermain. Ini kita terapkan supaya mereka tidak bosan, dan lebih gampang menerima materi yang dibawakan oleh pemateri," kata Rahmat, Minggu (2/5/2021).

Baca juga: Forum Genre Edukasi Ketahanan Remaja di Lapas Anak Kelas II Kendari

Alasan pemilihan LPKA sebagai lokasi kegiatan, kata pria yang akrab disapa PG ini karena menurutnya sudah terlalu sering atau biasa jika perayaan Hardiknas digelar di panti asuhan atau sekolah.

"Kita pilih lapas untuk memperlihatkan, meskipun mereka masuk Lapas, bukan berarti pendidikan mereka juga terhenti. Untuk itu, kami berupaya agar kegiatan ini kedepannya bisa digelar rutin, karena kami melihat antusian warga binaan yang ada di sini juga sangat baik," jelasnya.

Menurutnya, terlepas dari masalah mereka, yang penting adalah bagaimana  kemauan mereka untuk belajar.

Selain memberikan materi, IKA Dubas Sultra juga memberikan donasi buku untuk menjadi bahan bacaan bagi warga binaan.

Rahmat berharap dengan adanya kegiatan yang mengusung konsep belajar sambil bermain ini bisa menumbuhkan keinginan mereka untuk belajar.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved