Kapal Terbakar di Selat Buton

Detik-detik 4 Awak Kapal Pesiar Phinisi Terbakar Termasuk Warga AS Dievakuasi KM Jetliner ke Kendari

Sebanyak 4 awak kapal pesiar phinisi yang terbakar di Selat Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra), dievakuasi Kapal Motor (KM) Jetliner, ke Kota Kendari.

Editor: Aqsa
Dok Basarnas Kendari
Sebanyak 4 awak kapal pesiar phinisi Puti Raja yang terbakar di Selat Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra), dievakuasi Kapal Motor (KM) Jetliner, dan tiba di Pelabuhan Bungkutoko, Kota Kendari, Senin (19/04/2021) sekitar pukul 23.30 wita. Kebakaran kapal yacth layar wisatawan itu terjadi di antara Pulau Towea dan Pulau Tampo, Kabupaten Muna, Senin (19/04/2021). 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Sebanyak 4 awak kapal pesiar phinisi yang terbakar di Selat Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra), dievakuasi Kapal Motor (KM) Jetliner, ke Kota Kendari.

KM Jetliner Pelni yang membawa 4 korban tersebut tiba di Pelabuhan Bungkutoko, Kendari, pada Senin (19/04/2021) sekitar pukul 23.30 wita.

Sebelumnya, kebakaran kapal yacth wisatawan bernama Puti Raja tersebut terjadi di antara Pulau Towea dan Pulau Tampo, Kabupaten Muna, dan tenggelam Senin (19/04/2021) malam.

Kapal yang berlayar dari Yapale Pulau Misool Selatan, Kabupaten Raja Ampat, Papua, menuju Pulau Sumbawa, tersebut membawa empat pemilik dan awak.

Termasuk satu warga negara asing (WNA) asal Amerika Serikat (AS) yakni Ken Weidenhoeft.

Baca juga: Ternyata Warga Amerika Serikat Kapten Kapal Puti Raja yang Terbakar dan Tenggelam di Selat Buton

Baca juga: Kesaksian Warga Detik-Detik Terbakarnya Kapal KLM Putih Raja di Selat Buton

Dalam rilis Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kendari, Selasa (20/04/2021) siang, disebutkan, pria berusia 84 tahun tersebut merupakan anak buah kapal (ABK).

Korban tiga warga negara Indonesia (WNI) yakni Josephine (67) yang merupakan nakhoda sekaligus owner atau pemilik kapal.

Dua ABK lainnya yakni Benny Raiwaki (56) dan Jalil Loji (33).

Pemilik dan awak kapal selamat dan dievakuasi KM Jetliner ke Kota Kendari, Sultra.

KM Jetliner tiba di Pelabuhan Bungkutoko, Kendari, pada Senin (19/04/2021) sekitar pukul 23.30 wita.

Kapal Puti Raja terbakar di tengah laut Perairan Selat Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Senin (19/04/2021) malam.
Kapal Puti Raja terbakar di tengah laut Perairan Selat Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Senin (19/04/2021) malam. (handover)

Selanjutnya, 4 korban kapal terbakar dan tenggelam mendapatkan penanganan medis oleh tim Kesehatan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kendari dan Biddokes Polda Sultra.

Pada Selasa (20/04/2021) sekitar 00.29 wita, 4 korban dibawa ke Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Polda Sultra, Kendari.

Dievakuasi KM Jetliner

Pada Senin (19/04/2021) pukul 17.15 wita, KM Jetliner dalam pelayaran dari Pelabuhan Raha, Kabupaten Muna, menuju Pelabuhan Bungkutoko, Kota Kendari.

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved