Breaking News:

Kilang Minyak Balongan Terbakar, Dirut Pertamina: Tidak Perlu Panic Buying

Kilang minyak milik PT Pertamina (Persero) di Balongan, Indramayu, Jawa Barat terbakar pada Senin (29/3/2021) dini hari.

Editor: Clarissa Fauzany
TRIBUN CIREBON/ Handhika Rahman
Langit Indramayu menyala merah akibat kebakaran di kilang minyak balongan, Senin (29/3/2021). Warga sekitar merasakan hawa panas. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM - Kilang minyak milik PT Pertamina (Persero) di Balongan, Indramayu, Jawa Barat terbakar pada Senin (29/3/2021) dini hari.

Menanggapi insiden ini, Direktur Utama (Dirut) Pertamina Nicke Widyawati mengimbau agar masyarakat tidak melakukan panic buying.

Sebab, menurutnya Pertamina telah memiliki skenario operasional darurat.

Baca juga: 7 Fakta Kebakaran Kilang Minyak Pertamina Balongan, Kronologi, Penyebab, Hingga Kondisi Terkini

"Panic buying tidak perlu karena pasokan aman dan lancar. Kilang bisa kita operasikan lagi setelah kita berhasil memadamkan api di area tangki Kilang Balongan," kata Nicke dalam konferensi pers virtual, Senin (29/3/2021).

Nicke menjelaskan beberapa daerah yang selama ini mendapat suplai dari Kilang Balongan adalah DKI Jakarta dan sekitarnya, termasuk Cikampek.

Dia menekankan lagi bahwa kebakaran tersebut hanya membakar tangki sehingga operasional bisa langsung berjalan begitu api padam.

"Jadi tidak ada kendala karena equipment kilang tidak terdampak. Jadi kebakaran hanya di daerah tangki saja," tukasnya.

Baca juga: Kebakaran Kilang Minyak Pertamina di Balongan Indramayu: Ledakan Kencang Kayak Petir

Di samping itu, Direktur Logistik dan Infrastruktur Pertamina Mulyono menegaskan kondisi stok gasoline nasional sangat-sangat aman.

Mulyono berkata akibat pandemi Covid-19 penyerapan BBM belum berjalan optimal hingga hari ini.

"Jadi stok BBM ini luber ada 10,5 juta barel. Ini cukup untuk 27-28 hari ke depan. Jadi tidak ada masalah. Sekitar 62.500 kiloliter per hari konsumsi masyarakat kita," tuturnya.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Pertamina Balongan Terbakar - Dirut Pertamina Minta Masyarakat Tidak Panic Buying,

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved