Breaking News:

Pengamat Politik Prediksi Mahkamah Konstitusi Putuskan PSU di Pilkada Konawe Selatan

Nasib Pilkada Konsel Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) bakal diputuskan Mahkamah Konstitusi (MK) pada Jumat (19/3/2021).

Penulis: Muhammad Israjab | Editor: Fadli Aksar
Tribunnews
Nasib Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) bakal diputuskan Mahkamah Konstitusi (MK) pada Jumat (19/3/2021).(Foto Ilustrasi) 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Pengamat politik Andi Awaludin Maruf memprediksi bakal terjadi pemungutan suara ulang (PSU) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Konawe Selatan (Konsel).

Nasib Pilkada Konsel Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) bakal diputuskan Mahkamah Konstitusi (MK) pada Jumat (19/3/2021).

Berdasarkan surat MK nomor 430.34/PAN.MK/PS/03/2021 tentang jadwal sidang pleno putusan perselisihan hasil pilkada Konsel.

Andi Awaludin Maruf mengatakan, kemungkinan MK akan mengeluarkan putuskan PSU, lantaran terdapat sejumlah masalah yang bisa saja dipertimbangkan hakim.

Baca juga: Nasib Pilkada Konawe Selatan Ditentukan Mahkamah Konstitusi 19 Maret 2021

Baca juga: Hasil Sidang MK, Konkep Salah Sasaran, Muna dan Wakatobi Lewati Ambang Batas, Begini Nasib Konsel

Diantaranya, saksi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Konsel dianggap tidak taat aturan.

Seperti adanya penghitungan sebelum waktunya sehingga menyalahi aturan.

"Adanya dugaan pengarahan perangkat ASN, desa dan kelurahan, serta penggunaan politik uang," katanya saat dihubungi melalui whatsapp, Kamis (18/3/2021).

Akan tetapi Pasangan Calon (Paslon) Surunuddin-Rasyid (Suara) sebagai pemilik suara terbanyak masih tetap berpeluang menang jika PSU karena selisih suara yang cukup jauh.

Ketimbang pasangan Endang SA-Wahyu Ade Pratama (Ewako).

"Kalau pun, MK putuskan PSU, peluang petahana masih besar. Karena selisih suara dari jumlah suara yang diperselisihkan di TPS tertentu itu tidak seberapa," katanya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved