Breaking News:

Deposit Tambang Nikel, Bupati Konawe Utara Ingin Mobil Listrik Jadi Randis DT 1 M

Bupati Konawe Utara (Konut) Ruksamin ingin menjadikan Mobil listrik menjadi kendaraan dinasnya.

Editor: Laode Ari
Istimewa
Bupati Konawe Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara, Ruksamin, yang ingin menjadikan Mobil Listrik sebagai kendaraan dinasnya. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Bupati Konawe Utara (Konut) Ruksamin ingin menjadikan Mobil listrik menjadi kendaraan dinasnya.

"Dari pada kampanye terus Konut (Konawe Utara) ini jadi incaran investor baterai litihium mobil masa depan, lebih baik saya ganti mobil dinas DT 1 M pakai mobil listrik," kata Bupati Konawe Utara Haji Ruksamin (48) kepada TribunnewsSultra.com, Senin (15/3/2021) di Kelurahan Wanggudu, Kecamatan Asera, Konawe Utara, Sulawesi Tenggara.

Niat bupati kabupaten berjarak 170 km utara Kendari ini, diungkap usai melihat tayangan video menteri perhubungan, dengan salah satu  Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) mobil listrik, akhir pekan ini.

Menurutnya, typologi masyarakat pedalaman pulau Sulawesi ini lebih yakin dan sadar dengan bahan baku teknologi kendaraan masa depan itu ada di kampung kelahiran mereka.

Baca juga: Update Hasil Pilkada Konawe Utara 2020 Versi KPU, Ruksamin - Abu Haera 56,3%, Raup - Iskandar 43,7%

Baca juga: Hasil Pilkada Konawe Utara 2020, Ruksamin-Abu Haera Unggul di TPS 1 Labungga, Raup-Iskandar di TPS 2

Bahkan, mantan anggota DPRD Konawe tiga periode ini, niat mengendarai mobil listrik itu, bisa terwujud setelah pelantikannya sebagai bupati periode keduanya, 21 April mendatang.

"Dari pada koar-koar ada pabrik batterei lithium untuk mobil listrik lebih baik tunjukkan mobilnya langsung," ujarnya.

Kelak, kata dia, kendaraan di daerah ini lebih irit bahan bakar.

Mobil Listrik (iLustrasi)
Mobil Listrik (iLustrasi) (Istimewa)

Hanya saja, ujarnya, type kendaraan yang tersedia masih jenis sedan, sementara kondisi infrastruktur jalan provinsi dan kabupaten belum semulus di ibukota provinsi dan daerah lain di barat Indonesia.

Batterai Lithuium adalah alternatif energi kendaraan masa depan dengan berbahan dasar nikel dan kobalt.

Merujuk Data Satuan Genetik Wilayah (GWS) dari Bappeda Provinsi Sulawesi Tenggara 2015, potensi deposit nikel hipotetik ( ore nickle) di kabupaten ini sekitar 46 juta metrik ton.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved