Breaking News:

Gubernur Sultra Ali Mazi Jelaskan Nilai Kearifan Masyarakat Buton “Pobhinci-Bhinci Kuli”, Maknanya

Nilai kearifan yang dipaparkan Gubernur Sultra Ali Mazi berupa filosofi kehidupan yang dalam bahasa Buton disebut "pobhinci-bhinci kuli".

handover
Gubernur Sulawesi Tenggara ( Sultra) Ali Mazi memaparkan salah satu nilai kearifan masyarakat Buton pada peluncuran buku di Hotel Claro, Kendari, Senin (14/12/2020). 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Gubernur Sulawesi Tenggara ( Sultra) Ali Mazi memaparkan salah satu nilai kearifan masyarakat Buton pada peluncuran buku di Hotel Claro, Kendari, Senin (14/12/2020).

Ada dua buku terkait nilai-nilai budaya Buton yang diluncurkan, berjudul "Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Antikorupsi dalam Kearifan Buton", dan buku berjudul "Mekanisme Pengangkatan Sultan Buton dan Peran Lembaga Adat Kesultanan Buton".

Nilai kearifan yang dipaparkan Gubernur Sultra Ali Mazi berupa filosofi kehidupan yang dalam bahasa Buton disebut "pobhinci-bhinci kuli".

Jabaran nilai filosofis tersebut dalam "sara pata nguuna" atau empat prinsip nilai.

Menurut Gubernur Ali Mazi, nilai-nilai “pobhinci-bhinci kuli” mengharuskan setiap individu etnis Buton untuk selalu mengenal siapa dirinya hingga pada akhirnya dia pasti mengenal siapa Tuhannya.

Empat prinsip nilai yang dimaksud yaitu, pertama, “pomae-maeka” yang mengandung makna saling takut untuk tidak menzalimi sesama. Dalam hal ini, setiap orang wajib menjaga harga diri orang lain.

Kedua, “popia-piara” yang mengandung makna saling mengayomi antar sesama atau dengan kata lain setiap orang wajib memelihara sesama manusia.

Ketiga, “pomaa-maasiaka” yang mengandung makna saling menyayangi antar sesama, dimana setiap orang harus menumbuhkan kasih sayang antar sesama.

Keempat, “poangka-angkata” yang mengandung makna saling menghormati antar sesame, yang menuntut setiap orang harus menghormati hak asasi sebagai manusia.

"Bila keempat nilai-nilai kehidupan ini terus diamalkan, maka saya yakin masyarakat pasti hidup tertib, rukun dan damai. Masyarakat akan terlindungi dari perselisihan apalagi konflik," kata Gubernur Sultra Ali Mazi saat memberi sambutan.

Peluncuran Buku

Halaman
123
Editor: Aqsa
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved